çamaşır kurutma askısı

8 Manfaat Buah Okra untuk Kesehatan

okra_20150922_162408

Okra atau kacang Arab populer di dapur Mediterania dan India. Lantaran bentuknya yang panjang dan meruncing di bagian ujungnya, okra disebut juga ladyfingers.

Bagian tengah okra berlubang-lubang dan berlendir. Menunjukkan bahwa sayuran berwarna hijau ini kaya serat.

Di Indonesia, okra memang kurang dikenal. Biasanya okra banyak diambil buah mudanya yang berbentuk silindris meruncing untuk sayur. Bahkan di beberapa negara seperti India, Srilangka, Jepang, Philiphina, Saudi Arabia dan Eropa, masakan buah okra ini sangat populer.

Okra mengandung kadar Air 70-80%, protein 3.90%, lemak 2.05%, kalium 6.68%, fosfor 0.77%, karbohidrat 1.4%, dan kalori 39.97 kal/100g.

Beberapa manfaat penting dari okra antara lain:

1. Serat okra bisa membantu untuk menstabilkan gula darah dengan membatasi tingkat di mana gula diserap dari saluran usus.

2. Lendir okra  mengikat asam empedu kolesterol dan membawa racun dibuang ke dalamnya oleh hati penyaringan.

3. Okra membantu melumasi usus besar karena kualitas curah pencahar. Serat Okra menyerap air dan memastikan massal dalam tinja. Ini membantu mencegah dan memperbaiki sembelit.

4. Serat okra sangat baik untuk memberi makan bakteri baik (probiotik). Hal ini memberikan kontribusi bagi kesehatan saluran usus. Ini mirip dengan yang berkembang biak dengan yoghurt di usus kecil dan membantu biosintesis vitamin B kompleks.

5. Okra bisa mengatasi rasa lemah, letih, dan menderita depresi.

6. Okra digunakan untuk penyembuhan bisul dan untuk menjaga lentur sendi. Ini membantu untuk menetralisir asam, yang sangat alkali, dan menyediakan lapisan pelindung sementara untuk saluran pencernaan.

7. Okra bisa juga untuk mengobati radang paru-paru, sakit tenggorokan, dan iritasi usus besar.

8. Di India, Okra telah berhasil digunakan dalam penggantian plasma darah eksperimental. Untuk mempertahankan sebagian besar nutrisi okra itu dan self enzim pengolah, okra harus dimasak sesedikit mungkin, misalnya dengan api kecil atau ringan dikukus. Beberapa memakannya mentah.

Sumber : http://kaltim.tribunnews.com/2015/09/22/8-manfaat-buah-okra-untuk-kesehatan?page=2