çamaşır kurutma askısı

Corn Rice: Alternatif sumber karbohidrat selain nasi beras

Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan yang berbasis terhadap potensi pangan lokal daerah, Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat melaksanakan kegiatan Model Pengembangan Pangan Pokok Lokal di Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut dengan mengembangkan produk unggulan berupa Nasi Jagung.

Nasi jagung merupakan sumber karbohidrat mirip nasi beras, hanya saja sesuai namanya, nasi jagung bukan terbuat dari gabah padi namun terbuat dari nasi jagung. Nasi jagung sendiri menurut beberapa penelitian, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan terutama untuk penderita diabetes karena jagung mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh (dietary fiber) dengan indeks glikemik (IG) relatif rendah dibanding beras dari padi. Selain baik untuk penderita diabetes, nasi jagung juga baik dikonsumsi oleh orang yang berniat melakukan diet dan orang yang memiliki kelainan jantung.

Karena potensi produksi jagung di Jawa Barat yang cukup baik dan banyaknya manfaat jagung, Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat tidak hanya mengembangkan produk Nasi Jagung, namun juga memproduksi Nasi Jagung secara masal dan menjualnya dengan seharga Rp. 20.000/kg. Hal ini dilakukan agar masyarakat Jawa Barat dapat dengan mudah mendapatkan Nasi Jagung yang sehat dan berkualitas.

Bagi masyarakat yang ini membeli Nasi Jagung ini, dapat langsung mendatangi Kantor Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat di Jalan Ciumbuleuit No.2 Bandung.

DSCN1453