çamaşır kurutma askısı

Konsultasi

Terima kasih atas kunjungan Anda, untuk konsultasi dan sumbang saran silahkan isi form di bawah  :

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


6 + enam =

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

  1. Assalamu’alaikum, semoga kebutuhan pangan di Jawa Barat tidak kekurangan ya….

  2. Subhannallah, Ibu Kepala meni geulis nya’ :)

  3. Maaf boleh minta informasi tentang Program Ekonomi Bersama, itu apa ya, apakah saya bisa ikut program tsb? htr nuhun.

    • Terimakasih bu Asih. Website kami memang sedang dalam perbaikan content. Untuk program ekonomi bersama, itu sebetulnya namanya Program USAHA EKONOMI PRODUKTIF (UEP) yg digulirkan tahun 2009 sebanyak 765 kelompok. Jika ibu ingin masuk dalam program tsb, bisa saja jika memang ada lagi program tsb di thn yg akan datang.

  4. Koq bidang2 yg lain tdk ditampilkan tupoksix

    • Terima kasih atas masukannya, memang saat ini kami sedang dalam pengembangan website dan pemutakhiran informasi yang ada sehingga masih dalam proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk ditampilkan di website. Terima kasih…

  5. Assww. Punten bade tumaros, upami program BKPD nu aya di kota Bandung aya naon wae? kumaha cara ngiringan dina eta program? Diantos waleranana. Htrnhn.

    • Terima kasih Pak Asep atas pertanyaannya. Memang untuk program dan kegiatan peningkatan ketahanan pangan di Jawa Barat dikoordinasikan oleh Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat, akan tetapi untuk lebih rinci program dan kegiatan peningkatan ketahanan pangan apa saja yang ada di Kota Bandung dapat Bapak tanyakan langsung ke Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung dengan alamat Jl. Arjuna no 45 Bandung.

  6. Aslm. Maaf, untuk permintaan data terkait NBM Jawa Barat setiap tahunnya bisa diperoleh di bagian mana ya? Saya butuh beberapa data untuk penelitian (khususnya GKG). Prosedurnya bagaimana? Terima Kasih.

    • Www. Terimakasih mba Widya. Untuk permintaan data NBM, silahkan datang ke BKPD Prov Jabar, tepatnya ke bidang Kerawanan Pangan. Bidang tersebut yang mengolah dan mempublish data NBM Jawa Barat. Semoga sukses penelitian nya..

  7. 1.Informasi di website ini sangat bermanfaat, tp kalau boleh usul, mohon diperbanyak informasi ttng ketahanan pangan dari daerah2 (kab/kota) di Jabar.
    2. Saya jg minta ijin untuk mengutip berita/artkel dari website ini.
    Terima Kasih

    • Terimakasih Pak Wahyudin atas apresiasinya. Website ini baru di bangun tahun 2014, dan kami menyadari masih banyak kekurangan. In Sya Allah kami aka terus mengembangkan website ini sehingga bermanfaat untuk menambah wawasan pengunjung khususnya mengenai ketahanan pangan. Jika memang ada artikel yang menarik, silahkan diambil untuk dikembangkan atau di sampaikan ke publik melalui media bapak.

  8. Assalamu’alaikum WR.WB. Saya memiliki kelompok masyarakat dibidang pertanian/perkebunan di daerah Cipendeuy KBB. Pertanyaan saya, apakah ada di Badan Ketahanan Pangan Jabar ini program yang mungkin dapat melibatkan masyarkat. Terima kasih

    • Sebelumnya diucapkan terimakasih buat pa Agus, yg sdh berkenan berkunjung di website kami. Banyak sekali program pemberdayaan yang kami gulirkan sejak BKPD BERDIRI TAHUN 2009, diantaranya Lumbung Pangan Masyarakat, Lembaga Distribusi dll. Selengkapnya bisa dilihat di halaman program aksi. Adapun untuk keterlibatan kelompok yg bapak pimpin, bapak bisa berkonsultasi dengan instansi yang menangani ketahanan pangan di Kab. Bandung Barat. terimakasih dan Selamat Bergabung…

      • sebelumnya terima kasih atas jawaban Ibu. Kalau boleh tau di KBB kemana kami harus menghubungi, apakah ada email dan websitenya?. yg kedua, saya telah baca program2 yg ada di web ini, jd apakah kalu mau ikut program tersebut jg harus melalui instansi yg ada di kab/kota?

        • Instansi yang menangani Ketahanan Pangan di Kab. Bandung Barat adalah Kantor Ketahanan Pangan, lokasinya di komplek Pemda Kabupaten Bandung Barat.
          Betul sekali, semua program yang ada di BKPD Provinsi Jawa Barat dapat diikuti oleh seluruh masyarakan Jawa Barat melalui kabupaten/kota masing-masing. Trmksh Pak Agus, dan selamat bergabung…

  9. Dadi Ruadiana Hermansyah

    Assalamualaikum wr.wb.
    Mau tanya dalam program LUEP keikut sertaan harus menyertakan Agunan bagi pengusaha. Terus memakai pengikatan Akta Notaris. Nah yang saya mau tanyakan apabila keikut sertaan telah berakhir untuk pengbilan surat keterangan Roya harus bagaimana? Masalahnya dalam agunan / jaminan ( dalam SHM) masih tertulis Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat. Dan keikut sertaan tahun 2006. Untuk daerah Kota Banjar Jawa Barat. Terimakasih.

    • Waalaikumsalam wr.wb.
      Terimakasih Pak Daddy Rusdiana atas pertanyaannya tentang keikutsertaan program LUEP untuk pengambilan agunan/jaminan. untuk infonya mohon di fotocopy tanda bukti pelunasan program LUEP ke Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Barat, yang selanjutnya akan dibuatkan surat keterangan dari BKP Jabar. Demikian yang dapat disampaikan, untuk info lebih lanjut dapat menghubungi Bidang DHP ke 022-2031044/45.

  10. Menarik sekali membaca artikel ibu Ir. Hj. LILIS IRIANINGSIH, MP tentang ONE DAY NO RICE. Hanya saja, kok kampanye ttng One day no rice itu jarang sekali terdengar ya…. saya sendiri baru mengetahui ada kampanye ini melalui website bkpd ini (maaf kalo keliru)… Tp kayaknya kampanye perlu terus digalakkan ya… Salam

    • terima kasih atas perhatiannya bu Sri. untuk kampanye/sosialisasi/promosi One Day No Rice telah dilaksanakan sejak diterbitkannya Pergub No. 60 tahun 2010 dan SE Gubernur Jawa Barat No. 501 tgl 15 juli 2011. Memang untuk sosialisasinya masih terbatas di lingkungan Setda Provinsi Jawa Barat dan kami terus menerus melaksanakan sosialisasi melalui berbagai media, diantaranya website BKPD, Car Free Day (CFD), radio/TV, media cetak, dll. “GO PANGAN LOKAL”.

  11. Nadia Khairunnisa

    Rubrik Resep masakan lokal sangat bermanfaat. Kalau boleh sy ikut beri masukan, harap diperbanyak resepnya. dan alangkah baiknya resep yang disajikan sudah diuji oleh tim dari badan ketahanan pangan. Terima kasih :)

    • Terimakasih NADIA sudah berkunjung di website kami dan sudah mengapresiasi dan memberi masukan thd salah satu fitur unggulan kami. Sebagian besar menu yang disajikan sudah pernah kami nilai, dan pernah menyukseskan perolehan rekor MURI untuk 536 varian masakan non beras non terigu. Yang lainnya bersifat rebroadcasting.

  12. Assalam, maaf pak mau nnya.
    Di daerah saya, di padang.Saya banyak memiliki bahan-bahan pangan.
    Kalo dijual di jawa barat, masukin barangnya kemana ya?
    Melalui dinas kah atau gimana?
    terima kasih :)

    • Wa alaikum salam pak, berkaitan dengan keinginan bapak untuk menjual bahan-bahan pangan dari Padang khususnya, dapat bapak kirimkan melalui Pasar Induk Caringin Bandung dan biasanya dari pasar tersebut didistribusikan lagi ke wilayah sekitar Bandung. Terima kasih

  13. semoga BKPD Jabar semakin maju

    • Terima kasih atas dukungannya, semoga apa yang dicita-citakan oleh kita bersama yakni Jawa Barat Bebas Rawan Pangan dapat terwujud dengan dukungan seluruh rakyat Jawa Barat. Amin…

  14. wah websitenya update banget

  15. Assalamualaikum, Wr. Wb
    Hapunteun nu kasuhun simkuring kumawantun, Kinteun Kinteun Program Lumbung Pangan Masyarakat tahun anggaran 2014 sasih naon dilungsurkeuna kumargi para anggota parantos meryogikeun pisan ku kasumpingana kumargi panen musim ayeuna gagal kumargi Hama Beurit. Hatur Nuhun.

    • waalaikumsalam wr,wb
      Teu sawios Pa Misbah. In Sya Allah segera. Memang ada penundaan atas himbauan KPK untuk mencairkan semuan program hibah setelah Pemilu Presiden. Mohon maaf atas keterlambatannya.

  16. Ya bagus webnya update terus…. tp kalau boleh sedikit saran… unt rubrik artikel justru mending jgn terlalu sering update….. dan lebih diutamakan artikel yg ditulis sendiri… Maaf ya hanya saran aja.

  17. bagus sekali websitenya, semoga tambah maju…amin,,

  18. Perkenalkan saya Ramdhan, profesi : usaha kecil2an di bidang pengolahan hasil pertanian/perkebunan di Bandung Selatan. Pertanyaan saya, apakah ada di Badan Ketahanan Pangan, semacam pinjaman lunak untuk usaha kecil seperti saya. Kalau ada kira2 apa syaratnya dan bagian apa saya ajukan? Terima kasih.

    • terimakasih atas kunjungannya ke situs website BKPD. Program/kegiatan pemberdayaan yang ada di BKPD sebagaimana bisa dilihat di menu kegiatan unggulan, seperti Lumbung dan LDPM. Tidak berupa pinjaman lunak seperti yang bapak inginkan. Saran kami, bapak bisa ajukan Kredit Cinta Rakyat yang leading sektornya di Dinas KUKM. Sedangkan untuk produk olahan makanan, bisa diikutsertakan untuk dipromosikan pada event2 pameran/promosi. Bapak bisa datang ke kantor untuk memperkenalkan produk bapak, jika berminat untuk dipromosikan. Semoga sukses pa Dadan.

  19. Apakah lembaga BKPD sering mengadakan pelatihan2 gratis untuk masyarakat? kalau ada Mohon kiranya diinfokan di website ini kalau ada pelatihan-pelatihan.. baik yg dilakukan oleh tingkat provinsi maupun kota-kabupaten. terima kasih… dipalih kulon :)

    • Terima kasih pak atas pertanyaannya.
      Untuk pelatihan-pelatihan, BKPD memberikan pelatihan bagi kelompok-kelompok masyarakat yang memiliki aktivitas terkait peningkatan ketahanan pangan di wilayahnya seperti kelompok lumbung, kelompok wanita tani dan gapoktan. Aktivitas kelompok-kelompok tersebut berkaitan dengan program-program BKPD seperti Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), Lingbasrangan, Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat (LDPM) dan lain-lain.
      Adapun pelatihan yang diselenggarakan oleh BKPD bersifat pembekalan kepada kelompok untuk dapat mengelola dana hibah yang diberikan kepada kelompok untuk dapat dimanfaatkan secara optimal bagi kemajuan usaha bersama.

      Dan untuk dapat memperoleh pelatihan-pelatihan tersebut, masyarakat yang telah tergabung dalam kelompok tani/poktan/gapoktan dan beraktivitas dalam peningkatan ketahanan pangan, dapat mengajukan permohonan dana hibah dengan mengajukan proposal hibah ke Gubernur Jawa Barat cq. Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat

  20. Saya mau menanyakan tentang izin edar penjualan bahan pangan seperti beras untuk suplay ke supermarket. Itu persyaratannya apa saja untuk mendapatkan izin tersebut dari BKPD?

    trimakasih,

  21. saya mau bertanya mengenai program pemerintah mengenai diversifikasi pertanian/pangan
    1. apakah program ini telah dijalankan di kota bandung?
    2. jika ya, pangan apa saja ?
    3. dinas / badan apa yang bertanggung jawab mengenai sosialisasi diversifikasi pertanian/pangan

    terimakasih utk jawabannya

    • Terima kasih Rangga atas perhatiannya terhadap diversifikasi pangan. Untuk program diversifikasi pangan di Kota Bandung, telah disosialisasikan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung. Untuk lebih rinci kegiatan apa saja, Rangga dapat menghubungi instansi tersebut. Namun demikian, BKPD Provinsi Jawa Barat juga selalu mensosialisasikan Diversifikasi Pangan melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di Kota Bandung seperti Gerakan Pangan Lokal saat de Syukron 2014, Peringatan Hari Pangan Sedunia Tingkat Provinsi Jawa Barat dan event-event lainnya. Dalam event tersebut, BKPD Prov. Jabar memperkenalkan rasi (beras singkong) yang dibuat menjadi nasi goreng (rasi goreng), panganan lokal berbahan baku non beras non terigu dan lain-lain.
      Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga informasi yang kami berikan dapat bermanfaat.

  22. Assalamu’alaykum Wr.Wb.
    Punteun Pak/Bu, mau nanya tentang pengajuan sertifikasi prima 3 untuk produk sayuran UKM.
    1. Apakah ada panduan dalam pengajuan sertifikasi prima khususnya prima 3 untuk tahun 2014 ya Pak/Bu? 2. Untuk kategori kegiatan yakni : wajib dilaksanakan (W), sangat direkomendasikan (SA), dan juga kategori anjuran (A), itu presentasinya berapa % ya yang harus dilaksanakan untuk pengajuan prima 3 nya ya?
    3. Apakah setiap point kategori ada kegiatan yang wajib dilakukan?

    Terima kasih sebelumnya ya Pak/Bu
    Wassalamu’alaykum..

    • Waalaikum salam wr.wb.
      Pertama-tama terima kasih Pak atas pertanyaannya.Untuk pengajuan Sertifikasi Prima 3 produk sayuran dari UKM Bapak, terlebih dahulu harus memiliki Registrasi Kebun yang dikeluarkan oleh Dinas Pertanian.
      1. Adapun prosedur pengajuan Sertifikasi Prima 3 sebagai berikut : Apabila telah memiliki Registrasi Kebun, maka UKM dapat mengajukan permohonan sertifikasi kepada Ketua OKKPD dengan melampirkan berkas serta keterangan yang diperlukan (Surat Permohonan Sertifikat, Surat Permohonan Perpanjangan Sertifikat Prima dan Pernyataan Kesanggupan). Selanjutnya permohonan akan diperiksa dan dinlai, apabila lengkap dan memenuhi syarat maka ditindaklanjuti dengan persiapan inspeksi awal.
      Inspeksi Awal : Inspeksi Awal dilakukan oleh Inspektor atas perintah Ketua OKKPD. Tim akan menilai langsung fasilitas yang dimiliki oleh pelaku usaha. Hasil inspeksi selanjutnya dilaporkan kepada OKKPD
      Pengujian Hasil Inspeksi : Setelah OKKPD menerima laporan hasil inspeksi maka OKKPD menugaskan Komisi Teknis untuk melakukan pengujian. Laporan hasil inspeksi dan rekomendasi sertifikasi disampaikan oleh Komisi Teknis kepada Ketua OKKPD secara tertulis.
      2. Untuk 100 komponen titik kendali, terbagi :
      – 14 titik kendali yang Wajib (W) — harus 100 % dilaksanakan
      – 54 titik kendali yang Sangat Dianjurkan (SA) — dilaksanakan 60 %
      – 32 titik kendali yang Anjuran (A) — dilaksanakan 40 %
      3. Ya ada, khusus untuk 14 titik kendali yang Wajib (W) mutlak 100 % harus dilakukan. ke 14 titik kendali tersebut yakni :
      a. Lahan bebas dari cemaran limbah bahan berbahaya dan beracun
      b. Kemiringan lahan < 30 % untuk komoditas sayur dan buah semusim
      c. Media tanam tidak mengandung cemaran bahan berbahaya dan beracun (B3)
      d. Tindakan konservasi dilakukan pada lahan miring
      e. Kotoran manusia tidak digunakan sebagai pupuk
      f. Pupuk disimpan terpisah dari produk pertanian
      g. Pelaku usaha mampu menunjukkan pengetahuan dan keterampilan mengaplikasikan pestisida
      h. Pestisida yang digunakan tidak kadaluarsa
      i. Pestisida disimpan terpisah dari produk pertanian
      j. Air yang digunakan untuk irigasi tidak mengandung limbah bahan berbahaya dan beracun (B3)
      k. Wadah hasil panen yang akan digunakan dalam keadaan baik, bersih dan tidak terkontaminasi
      l. Pencucian hasil panen menggunakan air bersih
      m. Kemasan diberi label yang menjelaskan identitas produk
      n. Tempat/areal pengemasan terpisah dari tempat penyimpanan produk dan pestisida
      Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menjawab pertanyaan Bapak. Terima kasih.

  23. Ass.Wr.Wb

    Kepada Yth Bapak/Ibu

    Saya sangat membutuhkan informasi mengenai talas belitung, adapun pertanyaan saya adalah :

    1. Di daerah Jawa Barat manakah yang banyak pertanian talas belitung (Di Bogor sudah jarang)
    2. Berapa harga talas belitung tersebut per kilo nya (harga dari petani)

    Demikian pertanyaan saya, terima kasih

  24. ass wr,wb saya mau tanya, mengenai progran BKPD, untuk DOB Pangandaran ? kenapa banyak yang ketinggalan, bagai mana carnya supaya Kabupaten pangandaran tidak ketinggalan ? terimaksih wassalam

    • Wss.wr.wb.
      Perlu kami informasikan bahwa karena Kabupaten Pangandaran baru terbentuk sekitar Tahun 2012 – 2013 yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Ciamis, maka memang untuk periode tahun tersebut belum banyak program ketahanan pangan yang dialokasikan kesana. Namun bukan berarti Pangandaran sama sekali tidak disentuh program ketahanan pangan dari Provinsi Jawa Barat. Pada Tahun 2014, telah disalurkan hibah Lumbung Pangan Masyarakat ke beberapa kelompok di Kabupaten Pangandaran. Dan untuk Tahun 2015, akan dilakukan pula Sosialisasi Percepatan Penganekaragaman Konsumsi Pangan di Kabupaten Pangandaran. Pihak instansi terkait yakni Dinas Kelautan, Pertanian dan Kehutanan Kab. Pangandaran yang menangani bidang ketahanan pangan di Kab. Pangandaran cukup aktif melakukan koordinasi dengan Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat untuk melaksanakan program ketahanan pangan di Kab. Pangandaran.

      Kami sarankan untuk kelompok masyarakat yang ingin mengajukan hibah program ketahanan pangan dapat mengajukan proposal ke Gubernur Jawa Barat melalui Badan Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Jawa Barat melalui RKPD online satu tahun sebelum dana disalurkan. Untuk lebih jelas, Bapak dapat menghubungi Dinas Kelautan, Pertanian dan Kehutanan Kab. Pangandaran.

      Terima kasih, semoga dapat menjawab pertanyaan bapak.

      • terimakasih atas jawaban, saran dan segala perhatian serta bantuan yang bapak/ibu berikan untuk semua masyarakat kabupaten Pangandaran, semoga Aallh SWT memberkati kita semua, Amiin

  25. Ass..saya dar desa cipondok kecamatan sukaresim kab tasikmalaya di th 2014 mendapatkan bantuan lumbung padi untuk kelompok pertanian sawati tetapi sampai saat ini belum terealisasikan di karnakan anggota dan masyarakat meminta supaya kepengurusan kelompok di adakan duly penyegaran supaya ada transparansi terhadap bantuan tersebut.terima kasih

  26. asalamualaikum,
    saya mau tanya seputar kelompok tani,di desa saya sudah ada kelompok tani,apakah bisa membentuk kelompok tani baru?terima kasih

  27. Dalam buku Statistik Ketahanan Pangan Jabar 2013, terdapat istilah: Tahan Pangan, Kurang Pangan, Rentan Pangan dan Rawan pangan. Apakah ada definisi yang jelas tentang istilah-istilah tsb, baik secara akademis maupun peraturan/perundangan ?. Terimakasih.

  28. Wah…tampilan webnya tambah menarik…mudah2n kontennya selalu update terutama untuk Agenda & Pengumuman serta berita ya….Semoga Ketapa di Jabar semakin tangguh….

  29. Yth Bung Admin,

    Dalam buku Statistik Ketahanan Pangan Prov. Jawa Barat 2013, terdapat istilah: tahan pangan, rentan pangan, rawan pangan dan kurang pangan. Mohon penjelasan, apa definisi dari berbagai istilah tsb. Terimakasih.

    • terima kasih pa santosa atas petanyaannya terkait definisi-definisi yang tercantum dalam buku BPS, namun tidak semua dapat terjawab. harap menjadi maklum dan mohon maaf atas keterlambatan dalam menjawab pertanyaan Bapak. terimakasih.
      berikut definisi yang dapat disampaikan:
      Ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan, yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah maupun mutunya, aman, beragam, bergizi, merata, dan terjangkau serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan, dan budaya masyarakat, untuk dapat hidup sehat, aktif, dan produktif secara berkelanjutan.

      Rawan Pangan adalah kondisi suatu daerah, masyarakat atau rumah tangga yang tingkat ketersediaan dan keamanan pangan tidak cukup untuk memenuhi standar kebutuhan fisiologis bagi pertumbuhan dan kesehatan sebagian besar masyarakatnya

  30. Untuk menghindari lonjakan daging sapi kenapa harus import,adakah cara lain untuk tetap tidak import namun harga tidak naik melambung ?
    terimakasih

  31. Maaf pak, dimana lokasi perkebunan buah naga di jawa barat?

    • lokasi perkebunan buah naga ada di ciapus Bogor, Trisna Naga Asih di Subang, Desa Cibeureum, Kecamatan Cimalaka, Sumedang. mohon maaf atas keterlambatan dalam membalas pertanyaan. semoga bermanfaat.

  32. sampurasun…..Website pemerintah yg cukup bagus, dinamis dan responsive…..kontennya masalah pangan jg lumayan lengkap…..

  33. semoga website ini terus berkembang ya,,salam dari medan :)

  34. website yang sangat bagus dan bermanfaat bagi semua, terimakasih atas informasinya

  35. Semoga BKPD Prov. Jabar Menjadi Institusi Andal Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Yang Berkelanjutan
    Sukses selalu

  36. Keren banget nih sudah responsif themes nya maju terus jabar. Mohon maaf lahir batin

  37. Selamat ya….
    http://bkpd.jabarprov.go.id/kepala-bkpd-menerima-penghargaan-segabai-kantor-berbudaya-lingkungan/
    Kepala BKPD Jabar Menerima Penghargaan Segabai Kantor Berbudaya Lingkungan

  38. webnya sangat menarik..!!!

  39. Semoga Sukses Dan Diberi Kesehatan Selalu

  40. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Maaf Mau tanya Program Lingbasrangan Tahun 2015 sudah dicairkan semua belum ….?

    • Waalaikum salam wr. wb untuk seluruh dana bansos sementara dipending dahulu, hal tersebut terkait aturan Dalam UU No 23/2014 disebutkan semua penerima dana bansos dan hibah harus berbentuk lembaga atau organisasi berbadan hukum. Demikian yang bisa disampaikan.

  41. Makasih infonyaa.. bermanfaat sekalii… ♥

  42. Asswrwb. Mohon info, berapa konsumsi beras Kabupaten Cianjur Kab. Bandung Barat dan Prov. Jawa Barat (kg/kapaita/tahun) untuk tahun 2012, 2013 dan 2014 ? Tks infonya.

    • waalaikumsalam
      Jawa barat
      2012 = 90,59 kg/kap/tahun
      2013 = 88,9 kg/kap/tahun
      2014 = 86,23 kg/kap/tahun

      kab bandung barat (kg/kap/tahun)
      2012 = 100,25
      2013 = 93,94
      2014 = 93,73

      kab cianjur (kg/kap/tahun)
      2012 = 113,34
      2013 = 118,09
      2014 = 121,93
      *total beras keseluruhan

  43. Assalamu’alaikum Wr Wb
    Bagaimana Menghitung skor pola pangan Harapan Jawa Barat 2014 dari data SUSENAS Konsumsi-Kalori-dan-Protein-Penduduk-Indonesia-dan-Provinsi–September-2014.pdf, padahal di data tersebut mengandung komponen makanan jadi ( (13 sd 19)% dari Enenergi Total) yang belum terdistribusi ke dalam 9 kelompok pangan Pola Pangan Harapan

    • Waalaikumsalam Wr Wb.
      Terimakasih atas pertanyaannya Pak Asep, untuk perhitungan Skor Pola Pangan Harapan (PPH) Provinsi Jawa Barat Tahun 2014 kita menggunakan Data Hasil Survey Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) Rata-rata Konsumsi Makanan perkapita Seminggu menurut Komoditi Makanan dan Golongan Pengeluaran, dan kemudian kami olah dengan menggunakan Aplikasi Analisis Pola Pangan Harapan yang dikeluarkan oleh Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian yang berkerja sama dengan Institut Pertanian Bogor. dalam Software tersebut sudah terdistribusi ke dalam 9 kelompok pangan.

      Terima Kasih, Semoga infonya bermanfaat

      • Assalamu’alaikum Wr Wb.
        Pak Luthfi , data dari susenas 2014 , ada komponen makanan jadinya. Bagaimana menghitung skor pola pangan harapan dari makanan jadi, karena makanan jadi adalah bagian dari rata-rata konsumsi makanan perkapita seminggu (lihat VSEN14-M.pdf). Atau dengan kata lain apakah susenas punya data komponen pembentuk makanan jadi, sehingga kita dengan dengan menggunakan Aplikasi Analisis Pola Pangan Harapan bisa mendistribusikan ke dalam 9 kelompok pangan. Terima Kasih

        • Waalaikumsalam Wr Wb

          pada initinya untuk menghitung skor PPH kita menggunakan aplikasi analisis pola pangan harapan, dimana di dalam aplisikasi tersebut sudah disediakan kolom isian sama seperti pada susenas,, jadi kita hanya mengentri data konsumsi per kapita per minggu dari susenas, setelah kita entri otomatis keluar skor PPHnya dengan kalori dan proteinnya

          nanti di dalam aplikasi tersebut sudah secara otomatis dikelompokkan ke dalam 9 kelompok pangan

  44. Kinerja dan tampilan wwebsite ini cukup bagus, hanya data/info-nya perlu diupdate.

    Mau tanya. Apakan dengan adanya Permentan No.69/2015 tentang: Analis Jabatan Fungsional Ketahanan Pangan, di Kantor BKPD Jabar sekarang sudah ada penelitinya ?

    Terima kasih.

  45. Pak Admin tolong cek ke pasar tradisional,,ko harga telur mahal-mahal.terimakasih

  46. Assalamu’alaikum WR.WB.saya mau tanya.

  47. Assalamu’alaikum
    Admin, mohon info konsumsi beras, jagung, dan kedelai (g/kap/hr atau kg/kap/tahun) pada tahun 2006, 2007, 2012, dan 2013 di provinsi jawa barat. Terima kasih

    • Waalaikumsalam,
      berikut data konsumsi beras, jagung, dan kedelai
      Konsumsi Beras (kg/kap/tahun)
      2007 = 106,13
      2012 = 90,59
      2013 = 88,9

      Konsumsi Jagung (kg/kap/tahun)
      2012 = 0,174
      2013 = 0,369

      Konsumsi Kedelai (kg/kap/tahun)
      2012 = 0,016
      2013 = 0,024

      Semoga Datanya Bermanfaat

      • Aamiin….
        Admin, mohon maaf izin bertanya kembali. Adakah dokumen yg dipublikasi terkait data konsumsi di atas? Jika ada, dimana sekiranya saya dapat mengunduh dokumen tersebut?
        Terima kasih

  48. Asswrwb. Mohon info, Renstra BKPD 2013 -2018 disahkan/ditadatangani tahun berapa ?
    Terimakasih. Wasswrwb.

  49. Assalammu’alaikum admin.

    UI dari websitenya cukup mudah dan dialog konsultasinya juga aktif. :)

    mau tanya tentang kegiatan ini http://bkpd.jabarprov.go.id/bimbingan-teknis-model-pengembangan-pangan-pokok-lokal-2/ ada informasi lebih lanjut untuk pelaksnaan kegiatan BiMTEK pangan lokal ini ? Di garut sendiri di desa apa yang menerima manfaat dan potensi komoditas apa yang diolah dalam kegiatan pengembangan pangan lokal tsb.

    terima kasih :)))

    • Waalaikumsalam
      Terimakasih atas komentarnya. untuk kegiatan Bimbingan Teknis sendiri telah kita laksanakan pada tanggal 18 Februari 2016. untuk kegiatan Model Pengembangan Pangan Lokal di Kabupaten Garut dilaksanakan di Desa Dangdeur Kecamatan Banyuresmi. Potensi lokal yang sedang kita kembangkan disana yaitu pembuatan beras jagung putih. Alhamdulillah sampai saat ini proses pembuatan beras jagung putih sedang berjalan. Sebagai informasi penerima manfaat kegiatan MP3L ini koperasi Mukti Tani Mandiri