çamaşır kurutma askısı

Puslatan BPPSDMP Lakukan Akreditasi Pelatihan Agribisnis

IMG-20180706-WA0007-800x445

Bandung Barat – Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian menugaskan Tim Asesor dan sekretariat melakukan proses akreditasi di Balai Pelatihan Peternakan dan Ketahanan Pangan Cikole – Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis – Jumat (5-6/7/2018).

Akreditasi lembaga pelatihan ini dilakukan untuk meningkatkan mutu, efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas penyelenggaraan pelatihan, sehingga ada penjaminan kualitas penyelenggaraan pelatihan teknis pertanian, dengan harapan Lembaga pelatihan sebagai lembaga pengembangan kompetensi sumber daya manusia secara profesional mampu melaksanakan pelayanan publik yang prima.

Kegiatan ini dilakukan sebagai perwujudan terbitnya Surat Keputusan Lembaga Administrasi Negara Nomor : 512/K.1/PDP.10.4 yang memberikan kewenangan kepada Puslatan-BPPSDMP sebagai Instansi Pengakreditasi Pendidikan dan Pelatihan Pertanian. Sedangkan proses akreditasi sendiri mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian Nomor 41/Permentan/HK.140/I/04/16 tentang Petunjuk Pelaksanaan Akreditasi Lembaga Diklat Teknis Pertanian.

Menurut Pj. Kepala Balai Pelatihan Peternakan dan Ketahanan Pangan Cikole – Lembang, drh. Indriyantari  bahwa, akreditasi Pelatihan Agribisnis Ternak Domba bagi peternak sangat penting mengingat ternak domba di wilayah Jawa Barat menjadi sumber daya genetik (domba garut dan domba priangan) dan secara ekonomis menguntungkan bagi peternak.

“Karena itu, Lembaga pelatihan ini memfasilitasi untuk peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap dalam beragribisnis”, lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dr. Ir. Dewi Sartika, MSi., menyambut baik adanya proses akreditasi terhadap Lembaga pelatihan untuk peningkatan kualitas penyelenggaran pelatihan. Oleh sebab itu, dirinya akan menindaklanjuti terhadap hasil rekomendasi proses akreditasi tersebut.

Kegiatan Puslatan ini merupakan bagian dalam mendukung Reformasi Birokrasi yang telah dilakukan dengan berbagai upaya pembaharuan baik dalam aspek kelembagaan dan ketatalaksanaan maupun sumber daya manusia guna tercapainya aparatur pemerintahan yang kompeten untuk memberikan pelayanan kepada publik.

Sebelumnya, Puslatan juga telah melakukan proses akreditasi di Balai Besar Pelatihan Pertanian Lembang, Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan, Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara Bogor, dan BPSDMTANBUN Soropadan. (Rilis Puslatan)

 http://www.asatuonline.com/2018/07/06/puslatan-bppsdmp-lakukan-akreditasi-pelatihan-agribisnis/