çamaşır kurutma askısı

Sekretariat

Sekretariat mempunyai tugas pokok menyelenggarakan administrasi Dinas, meliputi perencanaan dan pelaporan, keuangan dan aset serta kepegawaian dan umum, membantu Kepala Dinas mengkoordinasikan Bidang-Bidang.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Sekretariat mempunyai fungsi :

  1. penyelenggaraan koordinasi, menghimpun dan pengkajian bahan kebijakan teknis di bidang ketahanan pangan dan peternakanyang dilaksanakan oleh Bidang-Bidang;
  2. penyelenggaraan perencanaan dan pelaporan, pengadministrasian keuangan dan aset serta kepegawaian dan umum;
  3. penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Dinas; dan
  4. penyelenggaraan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Rincian Tugas Sekretariat

  1. menyelenggarakan pengkajian program kerja Sekretariat dan Dinas;
  2. menyelenggarakan koordinasi, pengkajian dan menghimpun bahan kebijakan teknis di bidang ketahanan pangan dan peternakan yang dilaksanakan oleh Bidang-Bidang;
  3. menyelenggarakan perencanaan dan pelaporan;
  4. menyelenggarakan pelayanan administrasi keuangan, meliputi penganggaran, penatausahaan, pengelolaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan serta pengelolaan aset Dinas;
  5. menyelenggarakan pelayanan administrasi kepegawaian, meliputi pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompetensi, pembinaan disiplin, kesejahteraan pegawaiserta pensiun pegawai Dinas dan UPTD;
  6. menyelenggarakan pelayanan administrasi umum, meliputi ketatausahaan, kerumahtanggaan, pengelolaan barang/aset, kehumasan, pengelolaan,dan pelayanan sistem informasi, keprotokolan serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan Dinas;
  7. menyelenggarakan pengkajian bahan penataan kelembagaan dan ketatalaksaanaan Dinas serta UPTD;
  8. menyelenggarakan koordinasi penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan lingkup Dinas;
  9. menyelenggarakan pengumpulan dan pengkajian bahan Rencana Strategis (RENSTRA), Rencana Kerja (RENJA), Rencana Kinerja Tahunan (RKT), Rencana Kerja Anggaran (RKA), Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Perjanjian Kinerja (PK), serta Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP), Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ), Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD), Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) lingkup Dinas;
  10. menyelenggarakan fasilitasi Pelayanan Informasi Publik (PIP);
  11. menyelenggarakan pengkajian bahan dan pelaksanaan Sistem Pengendalian Internal Pemerintahan (SPIP)
  12. menyelenggarakan administrasi Dinas;
  13. menyelenggarakan koordinasi dan mengolah bahan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  14. menyelenggarakan koordinasi dan pengkajian bahan verifikasi, rekomendasi dan pemantauan terhadap permohonan dan realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial di bidang ketahanan pangan dan peternakan;
  15. menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  16. menyelenggarakanpengkajianbahan saran pertimbangan mengenai kesekretariatan sebagai bahan penetapan kebijakan Pemerintah Daerah
  17. menyelenggarakan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Sekretariat;
  18. menyelenggarakan pengolahan bahan pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kesekretariatan UPTD;
  19. menyelenggarakan evaluasi dan pelaporan Sekretariat dan Dinas; dan
  20. menyelenggarakan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Sekretariat membawahkan :

  1. Subbagian Perencanaan dan Pelaporan;
  2. Subbagian Keuangan dan Aset;
  3. Subbagian Kepegawaian dan Umum

Subbagian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai tugas pokok melaksanakan melaksanakan perencanaan dan pelaporan, meliputi koordinasi dan penyusunan bahan perencanaan, evaluasi dan pelaporan kegiatan Dinas.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok Subbagian Perencanaan dan Pelaporan mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis di bidang perencanaan dan pelaporan, yang dilaksanakan oleh Dinas;
  2. pelaksanaan perencanaan dan pelaporan;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  4. pelaksanaan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Rincian Tugas Subbagian Perencanaan dan Pelaporan :

  1. melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Keuangan dan Aset;
  2. melaksanakan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis keuangan dan aset;
  3. melaksanakan pengelolaan sistem akuntansi;
  4. melaksanakan perencanaan anggaran dan penyusunan dokumen anggaran;
  5. melaksanakanpelayanan perbendaharaan serta penyusunan neraca aset;
  6. melaksanakan verifikasi dan pertanggungjawaban keuangan dan aset;
  7. melaksanakan penyiapan bahan pembinaan administrasi keuangandan neraca aset Dinas serta UPTD;
  8. melaksanakan penyusunan bahan laporan keuangan dan aset kegiatan anggaran pendapatan dan belanja Dinas;
  9. melaksanakan koordinasi dan penyusunan bahanTindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  10. melaksanakan koordinasi penyusunan bahan verifikasi, rekomendasi dan pemantauan terhadap permohonan dan realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial di bidang ketahanan pangan dan peternakan;
  11. melaksanakan penyusunan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan Sekretaris Dinas;
  12. melaksanakanpenyusunan bahan saran pertimbangan mengenai keuangan dan aset sebagai bahan penetapan kebijakan Pemerintah Daerah;
  13. melaksanakan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Subbagian;
  14. melaksanakan koordinasi pelaksanaan administrasi keuangan danaset UPTD;
  15. melaksanakan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  16. melaksanakan fungsi lain sesuai tugas pokok dan fungsinya.

 

Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan kepegawaian dan umum, meliputi pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompetensi, pembinaan disiplin, kesejahteraan pegawai dan pensiun, ketatalaksanaan dan kerumahtanggaan.

Dalam menyelenggarakan tugas pokok, Subbagian Kepegawaian dan Umum mempunyai fungsi :

  1. pelaksanaan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis di bidang kepegawaian dan umum Dinas;
  2. pelaksanaan pengelolaan kepegawaian dan umum;
  3. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  4. pelaksanaan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Rincian Tugas Subbagian Kepegawaian dan Umum :

  1. melaksanakan penyusunan program kerja Subbagian Kepegawaian dan Umum;
  2. melaksanakan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan kebijakan teknis kepegawaian dan umum;
  3. melaksanakan pengusulan formasi, mutasi, pengembangan karir dan kompetensi, pembinaan disiplin, kesejahteraan pegawai serta pensiun pegawai Dinas dan UPTD;
  4. melaksanakan ketatausahaan, kerumahtanggaan, kehumasan, pengelolaan dan pelayanan sistem informasi, keprotokolan serta pengelolaan perpustakaan dan kearsipan Dinas;
  5. melaksanakan pelayanan informasi publik (PIP);
  6. melaksanakan inventarisasi, pengadaan, penyimpanan, pendistribusian, pemeliharaan, pemindahtanganan, dan penghapusan, serta pendayagunaan barang daerah Dinas;
  7. melaksanakan koordinasi dan penyelenggaraan administrasi kepegawaian;
  8. melaksanakan pembinaan pengelolaan barang daerah UPTD;
  9. melaksanakan koordinasi dan penyusunan bahanpenataan kelembagaan dan ketatalaksanaan Dinas;
  10. melaksanakan koordinasi dan penyusunan bahan rancangan dan pendokumentasian peraturan perundang-undangan lingkup Dinas;
  11. melaksanakan koordinasi dan penyusunan bahan regulasi transportasi dan kerjasama lingkup Dinas;
  12. melaksanakan koordinasi, menghimpun dan penyusunan bahan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Dinas;
  13. melaksanakan penyusunan bahan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Subbagian dan Sekretariat;
  14. melaksanakan penyusunan bahan verifikasi, rekomendasi dan pemantauan terhadap permohonan dan realisasi bantuan keuangan dan hibah/bantuan sosial di bidang ketahanan pangan dan peternakan;
  15. melaksanakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan;
  16. melaksanakan penyusunan bahan saran pertimbangan mengenai kepegawaian dan umum sebagai bahan perumusan kebijakan Pemerintah Daerah;
  17. melaksanakan pengendalian pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Subbagian;
  18. melaksanakan penyusunan bahan pengkoordinasian dan pembinaan UPTD;
  19. melaksanakan evaluasi dan pelaporan Subbagian; dan
  20. melaksanakan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.