çamaşır kurutma askısı

Tips Mudah Memilih Daging Segar

585b6debf101d-ilustrasi-daging_663_382

VIVA.co.id – Memilih daging segar ,baik di supermarket maupun di pasar tradisional, sebenarnya bukanlah hal yang cukup sulit. Bahkan, terbilang cukup mudah jika Anda mengetahui karakteristiknya.

Saat pembukaan Lotte Mart Hypermarket Green Pramuka Square, VIVA.co.id sempat mengunjungi bagian yang menawarkan daging dan berbincang dengan salah seorang staf yang bertugas di bagian tersebut. Menurutnya, ada tiga hal yang harus diperhatikan.

“Tips memilih daging yang segar itu bisa dilihat dari warna, tekstur, dan juga bau,” kata Ahmad, yang merupakan petugas bagian daging Lotte Mart Hypermarket, Kamis 22 Desember 2016.

Dia menjelaskan, untuk ciri yang bisa dilihat dari kejauhan ialah warna. Sebuah daging yang segar, menurutnya memiliki warna merah yang cukup cerah. “Kalau misal agak hitam baiknya jangan dipilih,” ungkap dia.

Sedangkan, cara lainnya ialah dengan mengenali dari aroma atau baunya. Daging yang segar tidak menimbulkan bau busuk dengan sedikit asam yang mencolok. “Kalau baunya sendiri dia bau busuk kalau yang tidak segar,” ungkap dia.

Selanjutnya ialah dari segi tekstur. Daging masih segar memiliki tekstur yang cukup kenyal. Jika sebuah daging yang dipegang dan ditekan masih kenyal, ini menandakan daging tersebut segar.

“Pilih juga yang ada marble atau berserat. Inj juga salah satu daging bagus. Biasanya daging wagyu,” kata dia.

Untuk menjaga kesegaran, dia juga menyarankan untuk tidak terlalu lama menyimpan daging di rumah. Dia menyarankan paling tidak menyimpannya dua hari setelah membeli. Untuk itu dia menyarankan membeli daging sesuai dengan kebutuhan.

http://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/862334-tips-mudah-memilih-daging-segar